oleh

Persiapan Rakor Komwil III APEKSI, Pemkot Tangerang Pastikan Sudah Mantap

Berkeadilan.com, Tangerang – Jelang digelarnya Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakor Komwil) III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang akan dibuka nanti malam, Pemerintah Kota Tangerang terus mantapkan persiapan dan koordinasi.

Ivan Yudhianto selaku Asisten Tata Pemerintahan Pemkot menjelaskan, Liaison Officer (LO) harus dapat memenuhi segala kebutuhan yang diinginkan dan diperlukan oleh setiap kepala daerah dan tamu undangan khusus, dari mulai kedatangan hingga selesainya acara.

“Bahkan dari mulai kedatangan jika ada yang dijemput di Bandara Soeta, kita harus sigap dan siap untuk menjemput atau yang membawa kendaraan sendiri kita langsung arahkan ke tempat penginapan,” jelas Ivan saat memimpin rapat persiapan bersama Liaison Officer (LO) yang akan bertugas pada APEKSI, di Ruang Asisten Daerah III, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, kemarin.

Selain kesigapan dan koordinasi yang baik, Ivan juga menekankan bahwa setiap Liaison Officer (LO) haruslah siap secara fisik dan mental. “Ketika kita sehat itu dapat membantu jalannya kegiatan Rakor Komwil APEKSI III berjalan dengan lancar, maka dari itu kita semua harus menjaga kesehatan kita mulai dari sekarang selain tentunya koordinasi dan komunikasi yang baik,” tambahnya.

Pengaturan Lalu Lintas

Mulai pagi ini hingga Jumat nanti (4-6/12/2019), seputaran Jalan Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang atau Jalan Satria Sudirman akan ditutup untuk dilalui berbagai kendaraan. Area tersebut akan digunakan sebagai kegiatan Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakor Komwil) III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksj).

“Selama pelaksanaan Apeksi, seputaran jalan Puspem Kota Tangerang kami tutup, karena difokuskan untuk kegiatan tersebut,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar, kemarin (3/12/2019).

Penutupan total jalan itu akan dilakukan pada Kamis (5/12/2019) nanti. Mengingat pada hari itu, seputaran Puspem Kota Tangerang akan dimanfaatkan sebagai Festival Budaya yang menyajikan berbagai macam kebudayaan, baik dari dalam maupun luar Kota Tangerang.

Sedangkan untuk tanggal 4 dan 6 Desember, penutupan jalan tersebut dilakukan secara flexibel atau sesuai situasi dan kondisi Mengingat di hari pertama dan terakhir pelaksanaan Apeksi, kegiatannya di fokuskan pada penyambutan kedatangan dan City tour para peserta Apeksi atau 25 kepala daerah Kota se Indonesia itu.

Seperti tarian kolosal Nyimas Melati, Barongsai, Tai Liong, budaya Jawa, Sunda, Betawi dan lainnya. ” Seputran Jalan itu akan kami tutup dari tiga akses atau pintu gerbang menuju Puspem kota Tangerang, seperti Gerbang di Jalan TMP Taruna, Jalan Daan Mogot dan Jalan Sudirman,” kata Kadishup.

Ajak Peserta Keliling Wisata Kota Tangerang

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah memastikan persiapan Rakor Komwil III APEKSI sudah sangat matang. “Kami sudah siap untuk menyambut teman-teman dari daerah lain yang akan datang,” ujar Arief.

Arief menjabarkan, Rakor Komwil III Apeksi merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan sebagai wadah untuk bertukar pikiran, berbagi pengalaman serta berdiskusi untuk menyuarakan aspirasi masing-masing pemerintahan kota.

“Di Apeksi ini, semua pemerintah daerah kota yang hadir mempunyai kesempatan yang sama untuk bisa saling belajar dari apa yang sudah dilakukan oleh kota lain,” ucapnya.

Dalam kegiatan Rakor tersebut, orang nomor satu di Kota Tangerang itu juga berencana mengajak para kepala daerah berkeliling mengunjungi sejumlah ikon dan kampung-kampung tematik yang tersebar di 13 kecamatan di Kota Ahlakul Karimah itu, dengan mengendarai bus pariwisata JAWARA atau Jalan-jalan Wisata Rakyat Tangerang.

“Untuk kegiatan ini, ada 4 unit bus JAWARA yang sudah dipersiapkan mengantar para kepala daerah tersebut berkeliling di Kota Tangerang,” tuturnya.

Di antara kampung tematik yang tersebar di Kota Tangerang yang akan dikunjungi yaitu, Kampung Bekelir, Kampung Markisa, Kampung Batik, Kampung Grenpul, Kampung Lidah Buaya dan banyak lagi lainnya.[]

Komentar

News Feed