oleh

Arum Basuki Yakin GPMI Mampu Pengaruhi Kebijakan Publik

-Polhukam-8.763 views

Berkeadilan.com – Direktur Riset Indopolling Network, Arum Basuki menilai bahwa keberadaan Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) mampu memberikan kontribusi dan pengaruh bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan bagi rakyat.

“GPMI ini ormas di luar politik formal, tidak bisa mengatur kebijakan tapi bisa mempengaruhi kebijakan,” kata Arum dalam sebuh diskusi bertema “Merawat Nusantara, Merajut Persaudaraan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika” di JIEP, Jl Kayu Putih, Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu (30/11/2019).

Ia menyebutkan bahwa keberadaan GPMI sebagai organisasi berbasis keagamaan memiliki modal yang baik untuk menjadi pihak yang berpengaruh dalam lahirnya sebuah kebijakan publik oleh pemerintah. Hal ini juga dikatakan Arum sama halnya seperti di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Sebuah entitas kelompok yang memiliki latar belakang yang sama mampu mempengaruhi sebuah lahirnya kebijakan di negara tersebut.

“Jakarta basis masyarakat miniatur Indonesia, perekat kita adalah identitas. Dan di USA ada kelompok muslim orang hitam yang ikut menekan kebijakan,” ujarnya.

“Di Indonesia, ada ormas dan LSM di mana mereka punya identitas sama berbicara pembangunan politik dalam kerangka konstitusional,” imbuhnya.

Maka dari itu, ia pun berharap agar GPMI ke depannya bisa memberikan warna tersendiri bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara yang arif dan positif.

“GPMI ikut bersifat gerakan positif terhadap umat. GPMI bisa menunjukan warna kebhinekaannya melalui rilis ke depan,” pungkasnya. []

Komentar

News Feed