oleh

Bangga Menjadi Santri Dengan Menghargai Jasa Para Ulama Dan Kyai

Sidoarjo, Berkeadilan.com – Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Mei 2019 lalu tampaknya memberikan ghirrah tersendiri bagi kalangan santri di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah para pelajar di Sekolah Dasar Islam (SDI) Aulia Prambon, Sidoarjo, Jawa Timur.

Dengan berpakaian serba putih, para siswa itu ikut memeriahkan hari Santri Nasional dengan berbagai kegiatan, baik upcara, tadarrus khotmil Quran, jalan sehat dengan sarung.

Kepala Sekolah SDI Aulia Prambon, M. Ali Murtadho menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut memberikan pelajaran bagi anak didiknya untuk bisa meneladai para santri dan guru dengan rajin belajar dan menuntut ilmu.

“Para siswa harus meneladani para santri pejuang bangsa dengan rajin belajar dan taat kepada guru-gurunya agar ilmunya bermanfaat dan menjadi anak yang berguna bagi agama, nusa, dan bangsanya,” kata Ali Murtadho, Selasa (22/10/2019).

Masih dalam kegiatan itu, para murid SDI Aulia Prambon juga berangkat ziarah ke makam para wali yang ada di sekitar kecamatan Prambon. Di makam tersebut mereka melakukan tahlil dan doa bersama serta tabur bunga.

“Hal ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap jasa para aulia yang telah membimbing masyarakat ke jalan yang benar,” imbuh Ali.

Acara hari santri tidak selesai sampai di situ saja. Setelah itu anak-anak di ajak nonton film berjudul “Sang Kyai.”

Film “Sang Kyai” ini dipilih karena pas bertepatan pula dengan momen Hari Santri Nasional. Di dalam film tersebut terdapat sejarah dikeluarkan resolusi jihad yang menjadi cikal bakal ditetapkannya Hari Santri Nasional. (ena)

Komentar

News Feed