Tito Karnavian Cocok Jadi Mendagri, Ini Alasannya

Polhukam62,541 views

JAKARTA, Berkeadilan.com – Kapolri Jendral Tito Karnavian sudah dipastikan akan menempati tugas baru di Kabinet Joko Widodo 2019-2024. Pemanggilan Tito Karnavian ke Istana untuk bertemu Joko Widodo dan surat pemberhentian Kapolri dari Presiden ke DPR menjadi bukti kuat adanya tugas baru bagi Tito Karnavian.

Melihat rekam jejak Tito Karnavian, Pengamat Intelijen dan Terorisme Stanislaus Riyanta menilai Polisi profesional yang sangat menguasai terorisme sekaligus akademisi dan guru besar di PTIK itu, tidak perlu diragukan lagi kapabilitas dan loyalitasnya kepada negara.

“Prestasi Tito Karnavian dibuktikan dengan karirnya yang melesat cepat dengan dorongan kenaikan pangkat luar biasa yang pernah diraih karena keberhasilan tugasnya,” ungkap Stanislaus, dalam pesan rilisnya, Selasa (22/10/2019).

Menurut dia, Tito Karnavian dapat dinilai sebagai Kapolri yang sukses dalam membawa institusi Polri menjadi lebih modern dan mengalami peningkatan kepercayaan dari masyarakat. Program Promoter, profesional modern dan terpercaya, menjadi pedoman wajib bagi semua anggota Polri dalam menjalankan tugasnya.

Masih kata Stanislaus, keberhasilan Tito Karnavian dalam membawa Polri lebih baik ini tentu menjadi pertimbangan penting ketika akhirnya mendapatkan tugas baru, terutama untuk membenahi institusi yang besar dan kompleks, seperti Kemendagri.

“Kepiawaian Tito Karnavian di bidang radikalisme dan terorisme menjadi catatan khusus di tengah isu radikalisme yang menguat di Indonesia,” ujar dia.

Stanislaus memandang posisi Tito Karnavian menjadi Mendagri semakin menguat jika dihubungkan dengan menguatnya isu adanya paham radikal yang menjangkiti ASN tertentu. Selain itu, kata dia, isu perampingan birokrasi yang memerlukan eksekutor yang handal tentu sangat tepat jika dihadapkan dengan karakter dan rekam jejak Tito Karnavian.

Jika menjadi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan pensiun dari Jendral Polisi lebih cepat, namun hal tersebut tentu bukan suatu hal yang mengecewakan bagi sosok yang sangat melekat citranya dengan Densus 88 Anti Teror tersebut.

“Pilihan Joko Widodo jika memilih Tito Karnavian menjadi Menteri Dalam Negeri sangat tepat,” pungkasnya.

Komentar