oleh

TB. Hasanuddin Sebut Buku Pancasilanomics Penting untuk Wawasan Ekonomi Berdasarkan Pancasila

Berkeadilan.com – Ekonom yang juga aktivis, Arif Budimanta telah meluncurkan buku Pancasilanomics, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), pada Senin (7/10/2019) .

“Pancasilanomics adalah satu sistem antara negara dan warga negara yang ditujukan untuk memajukan kemanusiaan dan peradaban. Memperkuat nasional melalui proses usaha bersama atau gotong royong,” ujar Arif saat peluncuran yang dihadiri tokoh politik dan ekonomi itu.

Arif mengungkapkan, dalam Pancasilanomics, pasar tetap dianggap sebagai relasi dan kekuasaan dan modal. Namun Pancasila hadir untuk melindungi pelakunya baik produsen, distributor hingga konsumen.

Peluncuran Buku Pancasilanomics oleh Direktur Mega Institute itu diapresiasi Anggota DPR-RI, TB. Hasanuddin. Tubagus menyebut buku itu sangat komprehensif dan menambah wawasan tentang arti penting paham ekonomi berdasarkan Pancasila.

“Buku ini ditulis oleh seorang aktivis, ekonom dan juga politisi yang memahami betul tentang ideologi Pancasila. Sehingga terasa sangat detail dalam penjelasan teori dan cara mengaktualisasikannya,” jelas TB. Hasanuddin.

TB. Hasanuddin atau yang akrab disapa Kang Hasan ini pun menambahkan, sebagai bangsa yang mendasarkan diri pada Ideologi Pancasila, maka sudah sepatutnya ideologi ekonomi Indonesia berkiblat pada Pancasila. Dan filosopi, teori dan aturan bagaimana ekonomi Pancasila itu tergambar dalam buku Pancasilanomics ini.
Kang Hasan berharap Pancasilanomic bisa menjadi referensi untuk para pengambil kebijakan dalam mendorong pemerataan dan pembangunan ekonomi masyarakat.

“Buku ini penting untuk arah ekonomi bangsa ke depan. Dan gagasan ini harus diaplikasikan dalam undang-undang sehingga membawa manfaat terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ungkapnya. (Red)

Komentar

News Feed