oleh

Kenang BJ Habibie, Tb Hasanuddin Sebut Habibie Sosok yang Rendah Hati

Berkeadilan. com – Presiden Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie, meninggalkan berbagai kenangan indah di benak orang-orang yang mengenalnya, termasuk bagi Mayor Jenderal TNI (Purn) TB Hasanuddin, yang merupakan ajudan semasa Habibie masih menjabat sebagai presiden.

Menurut Kang Hasan, panggilan akrab TB Hasanuddin, Habibie merupakan sosok yang selalu bersikap rendah hati dengan siapa pun. Tak jarang, kata Kang Hasan, Habibie makan satu meja dengan para ajudannya, bahkan tak segan-segan mengambilkan nasi untuk mereka.

“Banyak yang saya pelajari dan saya dapat selama jadi ajudan wakil presiden, juga presiden. Suka dan duka itu kami tahu persis keadaannya. Saya bisa simpulkan beliau tokoh negarawan tapi juga dekat dengan para pembantu beliau, dengan siapa saja berdiskusi dan mau mendengarkan masukan-masukan, bahkan dari seorang kolonel seperti saya,” tutur Hasanuddin dalam sambungan telepon dengan Kompas TV, Rabu (11/9/2019).

Kang Hasan pun menuturkan cerita yang membuat hatinya tergugah dan masih dikenang hingga kini. Yaitu ketika Habibie ditunggu oleh beberapa pejabat dari luar negeri, utusan dari beberapa negara termasuk Amerika.

“Begitu dalam konvoi 100 meter, beliau memerintahkan untuk kembali lagi. Kami kembali ke kediaman, kemudian Bapak lari ke meja makan dan Bapak lari minum kopi,” papar Hasanuddin.

Ia lalu melayangkan protes kepada BJ Habibie.

“Saya agak protes saya bilang, ‘Bapak, kenapa Bapak tidak perintahkan saya untuk mengambilanya atau kami buatkan di Istana’, ‘Oh tidak, ini ibumu yang buat, saya harus menghormatinya. Kasihan Beliau sudah bangun pagi-pagi membuatkan secangkir kopi masa tidak saya minum’,” ujar Hasanuddin menirukan jawaban BJ Habibie.

Seusai mendengar jawaban BJ Habibie, Hasanuddin mengaku tersentuh dan menghormati sosoknya lebih dalam.

“Di situ saya benar-benar merasa tergugah benar benar rasa hormat saya semakin dalam. Itu satu kelebihan dari beliau. Dan banyak hal yang bisa saya ceriatakan,” ungkapnya.

Kang Hasan pun mengaku seperti kehilangan sosok ayah dalam hidupnya. (Red)

Komentar

News Feed