oleh

Ricuh Saat Hendak Mendaftar, Peserta Job Fair Berjatuhan

SERANG, Berkeadilan.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang menggelar job fair di alun-alun barat Kota Serang. Ribuan orang pencari kerja (Pencaker) berdatangan hingga terjadi aksi saling dorong (ricuh) untuk dapat kesempatan melamar ke perusahaan yang ada, Selasa (23/7/2019).

Kericuhan terjadi saat petugas membuka pintu utama karena para pencari kerja berebut masuk untuk mendaftar ke stand-stand perusahaan. Sebab, mereka (Pencaker) sudah menunggu sejak pagi sebelum pintu utama dibukakan oleh petugas.

Dalam kejadian itu, banyak dari kaum perempuan yang jatuh dari podium karena berdesakan.

Hal tersebut dikeluhkan Indah, salah satu peserta di lokasi job fair. Menurutnya, kurangnya pengamanan di lokasi membuat para pencari kerja tidak kondusif dan saling berdesakan satu sama lain.

“Pihak panitia menurut saya kurang efektif, tadi dorong-dorongan sampe banyak yang jatuh, tadi pengamanan di pintu masuknya sedikit, tadi dijaga sama empat personel Polisi,” cetusnya.

Padahal, kata Indah, penyelenggaraan job fair bursa kerja membantu mempermudah para pencari kerja untuk dapat melamar pekerjaan. Sebab, ia mengaku tidak perlu repot dengan mengirimkan surat lamaran kepada perusahan, belum lagi karena terlalu banyak pelamar lamaran yang ia kirimkan dapat ditanggapi.

Sementra itu, Muhi, salah satu panitia job fair yang melihat pencaker ricuh saling dorong-dorongan, pihak panitia terus-menerus memberikan imbauan kepada peserta agar tidak melakukan aksi saling dorong yang bisa saja membahayakan orang lain.

“Teteh, tenang, jangan saling dorong-dorongan takutnya nanti membahayakan orang lain. Kasian juga pak polisi yang jaga, dan hati-hati barangnya takut ada copet,” tandasnya. (DA/BHI)

Komentar

News Feed