oleh

Pedagang di Pasar Waringinkurung Tangkap Dua Wanita Pengedar Uang Palsu

SERANG, Berkeadilan.com – Dua wanita WSA (24) dan KK (39) yang diduga pengedar uang palsu terpaksa harus berurusan dengan pihak kepolisian. Kedua wanita tersebut ditangkap para pedagang usai berbelanja di Pasar Waringinkurung, Kabupaten Serang, Banten pada hari Jumat (19/07/2019) kemarin.

Sebelumnya, kedua perempuan tersebut belanja menggunakan uang palsu pecahan Rp50.000 di Pasar Waringinkurung.

Tanpa disadari, ada pedagang yang tersadar bahwa alat tukar yang digunakan oleh ibu-ibu tersebut adalah uang palsu.

Dijelaskan, Jaenudin salah satu pedagang yang menjadi korban, dirinya telah mendapatkan laporan dari rekannya yang mengaku curiga saat menerima uang pecahan Rp50.000 telah di belanjakan para pelaku. Sehingga para pedagang pun kompak untuk mengamankan pelaku tersebut.

“Mereka berpencar dan ditangkap pedagang karena kepergok belanja memakai uang palsu pecahan Rp50.000,” ujarnya.

“Dia curiga dengan cetakan uang pecahan Rp50 ribu yang diterimanya. Ternyata bukan hanya dia korbannya, ada banyak. Para pedagang langsung mengamankan kedua Wanita tersebut,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, setelah berhasil mengamankan para pedagang pun melakukan penggeledahan untuk memastikan dan berhasil menemukan uang palsu yang belum sempat dibelanjakan.

“Saat dilakukan pemeriksaan badan kepada pelaku, ditemukan 24 lembar uang pecahan Rp50.000 yang belum sempat dibelanjakan. Diduga kedua pelaku ini merupakan sindikat peredaran uang palsu,” cetusnya.

Sementara itu, Kapolsek Waringinkurung AKP Ate Waryadi mengatakan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan guna kebutuhan pengembangan kasus tersebut.

“Mereka (pelaku-red) mendapatkan uang palsu itu dari seorang perempuan yang bernama Y bin H (47) salah satu warga Linkungan Kalentemu Timur RT 04/05 Kelurahan Samangraya, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, WSA dan KK bersama-sama membelanjakan uang palsu tersebut dengan Pecahan Rp50.000 sebanyak Rp1.500.000 di pasar Waringinkurung,” tutupnya saat dikonfirmasi, Senin (22/7/2019). (DA/BHI)

Komentar

News Feed