oleh

Buka Puasa Dengan Pegawai Pemprov, Gubernur Khofifah Anjurkan Makan Qurma

Surabaya, berkeadilan.com: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggelar buka dan sholat Magrib bersama seluruh pegawai di lingkup kantor Gubernur Jatim, di halaman kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan No. 110, Surabaya, Selasa(07/05).

Kegiatan buka bersama seluruh pegawai di lingkup kantor Gubernur Jatim yang baru pertama kalinya digelar ini, selain Gubernur Jatim turut hadir Wagub Jatim Emil Elestianto  Dardak, Sekdaprov Jatim, para kepala OPD di jajaran Pemprov Jatim, serta ratusan anak yatim dari beberapa yayasan panti asuhan.

Dikatakan oleh Khofifah, nuansa ramadhan tahun ini berbeda dengan nuansa tahun-tahun sebelumnya.” Tahun-tahun lalu, masjid Pemprov belum digunakan secara resmi untuk berbuka bersama, tadarus, khataman Quran selama Ramadhan hingga sholat tarawih. Saat ini sedang saya hidupkan nuasa ramadhan di Pemprov Jatim. Begitu juga di Grahadi saya adakan tarawih di mushola dan khataman Quran disana,”ungkap mantan Mensos ini.

Khusus untuk berbuka puasa, Khofifah menganjurkan agar mengawali berbuka puasa dengan mengkonsumsi kurma. “ Oleh sebab itu qurma saya minta disediakan untuk menu berbuka puasa. Disunahkan untuk makan qurma. Kalau tidak ada minum air putih. Ini sudah hadisnya dan ini juga anjuran Nabi Muhammad SAW”terangnya.

Sementara itu, dalam tausiahnya penceramah KH M. Ali Aziz menyampaikan bahwa ada dua jenis puasa selama Ramadhan, yaitu puasa minimalis dan puasa maksimalis. Puasa minimalis terangnya, hanya menahan lapar, minum, dan berhubungan suami istri. Sedangkan, puasa maksimalis tidak hanya menahan makan, minum maupun hawa nafsu, namun juga menjaga mata, mulut dan telinga.

“Pada puasa maksimalis kita harus menjaga diri dari hal-hal yang tidak produktif, dan meski puasa tapi tetap berusaha memberikan manfaat pada orang lain. Seperti yang sudah dilakukan oleh ibu Gubernur dan pak Wagub,” tutur guru besar UINSA ini sembari mengajak dan memberi semangat pada semua yang hadir untuk mampu berpuasa maksimalis. (Try)

 

Komentar

News Feed