oleh

Mantan Ketua PPK Angkat Suara Soal SDM Penyelenggara Pemilu 2019

-Pemilu, Politik-14.465 views

Berkeadilan.com – Mantan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kapitan Kelibai angkat suara terkait kendala pelaksanaan tahapan pemilu 2019 kemarin. Adanya kekurangan dan keterlambatan surat suara hingga terjadi pemungutan suara ulang di beberapa daerah.

Hal ini menurut Mantan Sekretaris Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Ambon, menilai, sebenarnya terdapat kekurang terkait bimbingan teknis atau orientasi pemahaman soal pelaksana pemilu di tingkat KPPS. Sehingga penyelenggara terkesan belum memiliki kompetensi kepemiluan yang mumpuni. Ujar Kelibai saat ditemui di kawasan menteng jakarta pusat, Minggu, (21/04).

“Ini problem Sumberdaya Manusia (SDM) karena penyelenggara sepertinya tidak siap, sehingga terdapat kendala di lapangan seperti saat ini.”Soal SDM ini penting,”

Untuk itu kedapan proses perekrutan, sampai pendidikan baik secara teknis, pemahaman tentang peraturan tata laksana pemilu, harus di siapakan secara rapi dan jauh – jauh hari, jangan mepet seperti tahun ini. Ujarnya

Antisipasi dan persiapa hal – hal teknis itu penting, kita semua tahu, bahwasanya, pemilih anggota KPU atau penyelenggara pada tahun 2019 ini sangat mepet, sedangkan penyelenggaraan dikejar dengan waktu proses pemilu.

“Ini masalah yang harus di akui oleh KPU dan kekurangan ini menjadi bahan evaluasi oleh pihak penyelenggara.”

Kapitan Kelibai pun, meningkatkan pihak penyelenggara, bahwa, harapan rakyat saat ini ada di pundak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mengawal hak suaranya pada pesta demokrasi ini.

Selain itu juga, Kelibai berharap, dalam pelaksanaan proses perhitungan suara yang sedang berjalan, KPU harus bekerja secara terbuka dan transparan berdasarkan tahapan yang sudah ditetapkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dikarenakan sekali lagi rakyat sangat berharap kepada KPU dalam mengawal hak politiknya. Tukasnya

Komentar

News Feed