oleh

Pegiat Ekonomi Sebut Kartu Sembako Murah Jokowi Kurangi Beban Masyarakat

SERANG, Berkeadilan.com – Program Kartu Sembako Murah (KSM) yang diluncurkan Petahana Joko Widodo mendapat berbagai tanggapan, salah satunya Raden M. Imam Abdillah, pegiat ekonomi muda Banten. Menurut Raden, sapaan akrabnya, peluncuran Kartu Sembako Murah merupakan upaya pemerintah dalam memberikan solusi harga pangan kepada masyarakat prasejahtera.

“Ini respon Pak Presiden Jokowi Widodo dalam menangkap keresahan masyarakat terhadap isu-isu kenaikan harga. Kebijakan-kebijakan semacam ini harus diapresiasi dan didukung oleh semua kalangan,” Raden saat menjadi bintang tamu dalam Talk Show di Warung Sajojo, Sabtu (23/3) di Kota Serang.

Kata Raden, melalui program ini, pemerintah berharap agar masyarakat yang berpenghasilan rendah bisa memiliki keterjangkauan untuk membeli sembako murah. Rakyat berpenghasilan rendah dapat memenuhi kebutuhan dasarnya tanpa harus dibebani dengan harga sembako yang tidak terjangkau.

“Ini yang perlu dipertegas, kartu ini kan bukan gratis, tapi subsidi dari pemerintah melalui koordinasi dengan Kemensos dan Kementrian Perdagangan,” tegasnya. Menurutnya, Kartu Sembako Murah merupakan bentuk kehadiran negara untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat prasejahtera.

“Pak Jokowi punya terobosan dan metode yang bagus dalam menekan angka kemiskinan dan menjaga stabilitas harga pangan di pasaran. Program KSM jadi instrumen dalam membantu masyarakat kelas menangah ke bawah,” tutur Raden.

Sementara itu, Liya Syahlia, aktivis yang juga ibu rumah tangga menilai peluncuran Kartu Sembako Murah (KSM) berharap bisa membantu masyarakat yang nilai ekonominya di bawah rata-rata. “Program ini bisa membantu ibu-ibu yang memiliki suami berpenghasilan rendah,” harap Liya.

Seperti diketahui, saat ini Kementerian Sosial (Kemensos) masih merumuskan program Kartu Sembako Murah dengan berbagai kementerian. Bahkan, sejumlah opsi tengah digodok, salah satunya mengintegrasikan dan menambah jangkauan kartu sembako murah dengan bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). (Karmin)

Komentar

News Feed