oleh

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Provinsi Aceh, Tinjau Lokasi BUMG Percontohan Pidie Jaya

-Ekonomi-11.527 views

Pidie Jaya, berkeadilan.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, meninjau lokasi Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Percontohan Capa Sejahtera, BUMG ini bergerak dalam bidang unit usaha perikanan Ikan Bandeng di Gampong Grong-Grong Capa Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya, Senin (11/03/2019).

Turut serta hadir pada kunjungan tersebut Kasub. Bid Pengembangan Ekonomi DPMG Aceh H. Helmi Iskandar, S.Sos, M.Si, Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa (PED) P3MD Pidie Jaya Al Fadhir, Pendamping Desa Pemberdayaan Kec. Ulim Azhar beserta seluruh PLD, dan TPID Kecamatan Ulim dan Keuchik Gampong Grong-Grong Capa Ulim.

Ketua BUMG Capa Sejahtera Munawar menjelaskan, budidaya ikan bandeng secara alami ini adalah salah satu usaha perikanan yang dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Gampong Grong-Grong Capa.

“Tujuan dari BUMG ini adalah untuk meningkatkan perekonomian gampong, mengoptimalkan aset gampong agar bermanfaat untuk kesejahteraan gampong serta untuk meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi gampong,” katanya

Sementara itu, Kasubbid Pengembangan Ekonomi DPMG Aceh H. Helmi Iskandar, S.Sos, M.Si menambahkan, BUMG ini harus menjadi salah satu contoh BUMG terbaik kedepannya dalam menjalankan unit usahanya, bandeng ini selain dijual dalam bentuk segar, bisa juga dalam bentuk olahan seperti bandeng presto dan abon ikan.

“Nanti akan kita fasilitasi dengan perbankan, misalnya BRI untuk membantu permodalan BUMG dan pemasarannya,” tuturnya

Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Kab. Pidie Jaya Al Fadhir mengungkapkan, saya bersama dengan seluruh pendamping desa yang ada di kecamatan ulim siap mendampingi BUMG ini, dan seluruh BUMG lainnya, baik dari sisi penguatan kelembagaan maupun manajemennya

“Kapan pun dihubungi, kami siap mendampingi,” pungkasnya

(TS)

Komentar

News Feed