oleh

TB Hasanuddin, Caleg Dengan Elektabilitas Tertinggi

Berkeadlian.com, Jakarta – Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR-RI dari PDI Perjuangan, TB Hasanuddin unggul dalam pertarungan caleg di daerah pemilihan (dapil) Jabar IX. Hal itu terungkap dari hasil survei Y-Publica yang dipublikasikan Jumat (8/3).

Survei Y-Publica itu menunjukkan TB Hasanuddin meraih elektabilitas tertinggi sebesar 14,4 persen.

“Posisi TB Hasanuddin ini diikuti oleh mantan anggota DPR yang kalah dalam Pilkada Majalengka, Maman Imanulhaq yang meraih 10,3 persen suara,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono.

Sejumlah caleg dari Dapil sama yang mengikuti posisi TB Hasanuddin adalah Oo Sutrisna (8,9 persen), Venny Devianti (4,6 persen), Linda Megawati (4,5 persen), Nurhasan Zaidi (4,4 persen), dan Ratieh Sanggarwaty (3,3 persen).

Rudi mengungkapkan nama-nama caleg yang lain elektabilitasnya terlalu kecil, yang jika ditotal keseluruhannya hanya tersisa 3,6 persen.

Survei Y-Publica dilakukan pada 21-30 Januari 2019 di dapil Jawa Barat IX, yang mencakup Sumedang, Majalengka, dan Subang, dengan alokasi 8 kursi.

Jumlah responden sebanyak 800 orang mewakili tiap kecamatan. Sampel dipilih secara acak bertingkat, dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Sedang yang belum menentukan pilihan mencapai 26,9 persen,” pungkas Rudi.

TB Hasanuddin merupakan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, dan pernah menjadi  Wakil Ketua Komisi I DPR-RI. Tahun lalu, TB Hasanuddin dicalonkan oleh PDI Perjuangan menjadi calon gubernur berpasangan dengan Anton Charliyan dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat. (red)

Komentar

News Feed