oleh

Semangat Perkuat Partisipasi Perempuan, MUSDA II Balai Syura Kabupaten Pijay, Rumuskan Tujuh Program Strategis.

-Hukum-8.295 views

Pidei Jaya, berkeadilan.com – Balai Syura Kabupaten Pidie Jaya menggelar Musyawarah Daerah (MUSDA) kedua. Diharapkan, MUSDA ini sebagai forum dewan untuk mempertanggung jawabkan semua kinerja dalam periode sebelumnya.

Sebagai forum tertinggi, MUSDA II ini bertujuan untuk membahas arah organisasi dan program strategis sekaligus memilih Dewan Balai Syura Kabupaten Pidie Jaya periode 2019-2023.

Acara yang digelar di gedung PMI Pijay ini, dihadiri Presidum BSUIA Khairani Arifin dan Norma Manalu, serta seluruh Dewan periode 2012-2018 dan anggota Balai Syura Kabupaten Pidie Jaya.

Dewan Balai Syura Kabupaten Pidie Jaya terpilih adalah Fadlina, Nurdaidah, Nyak Malik Winarsih, Ernawati dan Safrina.

“Banyak masalah yang kami alami termasuk juga kekerasan seksual, semoga periode ini kami bisa berbuat lebih baik lagi dalam mendorong perlindungan bagi perempuan korban dan mendukung proses pembangunan paska gempa agar terlaksana lebih cepat dan menjawab kebutuhan perempuan dan kelompok rentan lainnya seperti orang disabilitas dan lansia,” kata Ketua Balai Syura terpilih Fadlina, Sabtu (9/03/2019)

Sementara itu, Presidum Balai Syura Ureung Inoeng Aceh Norma Manaloe, menyebutkan ada tujuh program strategis yang menjadi prioritas yang telah disahkan dalam periode ini :

1. Advokasi penerapan Syariat Islam yang berkeadilan bagi perempuan

2. Advokasi peningkatan partisipasi perempuan dalam politik dan pembangunan paska bencana

3. Advokasi pemenuhan hak dasar perempuan dan kelompok marginal

4. Advokasi perlindungan perempuan dalam konflik sosial

5. Advokasi pemenuhan hak perempuan korban konflik masa lalu

6. Advokasi keterlibatan perempuan dalam pengelolaan sumber daya alam

7. Advokasi partisipasi perempuan dalam upaya Narkoba.

Dengan bergabungnya organisasi perempuan di Pidie Jaya dalam sebuah forum yang besar seperti Balai Syura akan menjadi media yang bisa digunakan untuk memperjuangkan hak perempuan secara lebih masif.

Khairani Arifin berharap, gerakan yang besar ini dapat bekerjasama memberi masukan kepada pemerintah daerah dan berbagai stakeholder lain serta akan mampu membuat perubahan-perubahan untuk memajukan hak perempuan di Pidie Jaya

(TS)

Komentar

News Feed