oleh

FSPMI Demo Kantor KY, Minta Ketua PUK PT. Panasonic Gobel Energi Indonesia ‘Jufrizal’ Dibebaskan

-Hukum-8.141 views

Jakarta, berkeadilan.com – Puluhan aktivis buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) berunjuk rasa di kantor Komisi Yudisial (KY) Jakarta. Dalam aksinya mereka meminta Komisi Yudisial segera membebaskan Ketua PUK PT. Panasonic Gobel Energi Indonesia, Bekasi, sdr. Jufrizal.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap dugaan kriminalisasi terhadap Jufrizal yang dilarang mendirikan serikat pekerja.

“Kami menuntut Komisi Yudisial segera memeriksa Jaksa Penuntut Umum dan Kepala Kejaksaan Negeri Bekasi karena diduga melakukan konspirasi dengan pihak perusahaan PT. Panasonic Gobel Energi Indonesia terhadap kasus Jufrizal agar keadilan dapat ditegakkan,” kata koordinator aksi Edi Kuncoro saat orasi, Rabu (27/02/2019)

Edi Kuncoro menjelaskan, hukum jangan tebang pilih, tajam kebawah tumpul keatas. Oleh karena itu, Komisi Yudisial harus turun tangan jangan diam saja karena adanya ketidakadilan di Pengadilan Negeri Bekasi

“Kami datang kesini agar Komisi Yudisial mendengar aspirasi tuntutan kami, bebaskan Ketua PUK PT. Panasonic Gobel Energi Indonesia, saudara Jufrizal,” tegasnya.

Selain orasi secara bergantian, masa aksi juga mengelar spanduk yang bertuliskan, ‘Jakarta Pusat Tolak Kriminilisasi buruh,
Bebaskan Ketua PUK PT Panasonic Gobel Energi Indonesia, Sdr Jufrizal.

Sementara itu, pengacara FSPMI Pitra Romadhoni Nasution mempertanyakan atas penahanan Jufrizal,

“Kasus ini menyangkut sengketa pekerja, seharusnya dapat diselesaikan oleh Disnaker dulu sebelum masuk ke ranah hukum tetapi kenapa dibawa ke Ranah Hukum. Kasus yang menimpa Jufrizal adalah bentuk kriminalisasi terhadap buruh,” ujarnya

Pitra Nasution menjelaskan, dakwaan pada Jufrizal tidak masuk akal terkait menguasai mobil. Padahal sudah ada surat pelepasan hak mobil dan sudah dibalik nama kepada serikat pekerja, bukti surat suratnya ada dan artinya mobil itu sudah dihibahkan ke Serikat Pekerja tetapi kenapa ini jadi dibawa kasus penggelapan barang.

PT. Panasonic Gobel Energi Indonesia memberhentikan PHK secara sepihak kepada Jufrizal selaku ketua PUK Ketua Serikat Pekerja Panasonic Gobel Energy Indonesia, Jufrizal dilaporkan ke Polisi dengan tuduhan penggelapan komputer dan mobil perusahaan.

“Saat ini Jufrizal telah ditahan Kejaksaan Negeri Bekasi, padahal kita sedang mengajukan sidang pra peradilan. Harusnya tunggu pra peradilan dulu sebelum ditahan, begitu cepatnya Kejari mengeluarkan surat dakwaan kilat kepada Jufrizal dalam dugaan kasus penggelapan dalam jabatan,” pungkasnya.

(rusdi)

Komentar

News Feed