oleh

DPRD Jatim Apresiasi Penghargaan Gubernur Soekarwo Sebagai Tokoh Standarisasi Indonesia

DPRD Jatim Apresiasi Penghargaan Gubernur Soekarwo Sebagai Tokoh Standarisasi Indonesia

 

Surabaya, Berkeadilan.com: Komisi B DPRD Jatim memberikan apresiasi terhadap penghargaan terhadap Gubernur Jatim Soekarwo sebagai Tokoh Standardisasi kategori Pemrakarsa dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Menurut anggota Komisi B DPRD Jatim, Mohammad Alimin, penghargaan tersebut pantas diberikan kepada gubernur Soekarwo karena memiliki komitmen dan keseriusan kuat dalam memimpin Jatim menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), dengan memberikan insentif sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) kepada Industri Kecil dan Menengah (IKM).

“ Selain itu, Pakde Karwo memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kegiatan Bulan Mutu Nasional 2018,”kata politisi asal Partai Golkar ini di Surabaya, Kamis (25/10).

Pria asal Tulungagung ini mengatakan standardisasi merupakan faktor penting dalam industri perdagangan. Hal ini dikarenakan suatu produk yang telah terstandardisasi atau memiliki sertifikat SNI akan menumbuhkan kepercayaan (trust) kepada pembeli (buyer). Terlebih lagi dalam era kemajuan teknologi informasi saat ini, masyarakat lebih senang membandingkan produk dalam negeri dengan negara lain atau yang berstandar internasional.

“Ini kultur baru di masyarakat soal kepercayaan, jadi standardisasi ini yang membuat industri perdagangan di Jatim berkembang,” katanya

Dikatakan oleh Alimin, Pemprov Jatim, , terus memberikan pendampingan penerapan SNI bagi IKM, sampai dengan memperoleh sertifikasi baik manajemen maupun produk. Pendampingan ini diantaranya dengan menyiapkan manajemen mutu, penataan proses produksi dan pengujian produk.” Terhadap IKM yang belum memperoleh standar SNI, Pemprov Jatim menyiapkan inkubator untuk membenahi kualitas produk termasuk packaging sebelum diajukan ke BSN,”tandasnya. (Yudhie)

 

Komentar

News Feed