oleh

Pansus Hak Angket Desak KPK Menuntaskan Kasus Bank Century

Berkeadilan.com – erkeadil inisiator Pansus Hak Angket Century mendesak KPK segera menuntaskan kasus Bailout Bank Century yang selama ini mati suri agar cepat diselesaikan.

Salah satu inisiator, Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengaku prihatin kasus ini sudah menggantung lama. Untuk itu, tim 9 mendorong agar proses Hukum kasus Bank Century segera dituntaskan oleh KPK biar dapat terselesaikan.

“Jangan dibiarkan lagi lah lama-lama segera KPK bertindak cepat biar kasus bank Century ini bisa terselesaikan,” katanya dalam keterangan pers, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (25/09/2018) sore.

Bamsoet menyebutkan nama Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhyono (SBY) yang kerap dikaitkan dengan kasus Century. Bamsoet berharap kasus ini segera selesai agar tak menjadi bahan ‘gorengan’ di Pemilu 2019.

“Kami berharap kasus ini harus tuntas, kalau tidak tuntas maka tersandera lah orang yang terlibat di sana. Mantan presiden Kita SBY nanti disinggung soal Demokratnya, ini tidak bisa dibiarkan, maka kami mendorong agar di tuntaskan,” jelasnya.

Diakui Bamsoet pihaknya sudah sering mempertanyakan perkembangan kasus Century ke KPK. Namun pengakuannya hingga saat ini belun ada perkembangan yang berarti yang didapat.

“Kasus ini jangan berhenti sampai di nama eks Deputi Gubernur Bank Indonesia Budi Mulya. Masih ada nama-nama lain yang perlu diusut,” terangnya.

Inisiator lainnya, Mukhamad Misbakhun menambahkan desakan ini bukan lantaran mencuatnya kasus Century dari pemberitaan media asing Asia Sentinel. KPK, sebut dia, berutang besar dalam penegakan hukum kasus Century.

“Ada tidaknya pemberitaan Asia Sentinel itu kasus ini adalah utang besar KPK dalam upaya penegakan hukum sebagai tindakan lanjut kasus Century,” paparnya.

Misbakhun juga memberikan perhatian besar kepada SBY. Menurutnya, KPK harus memberikan ruang bagi Presiden RI ke-6 itu untuk klarifikasi agar memiliki posisi yang jelas terkait kasus Century.

“KPK harus melakukan upaya klarifikasi terhadap pak SBY, karena kasihan Pak SBY. Setiap kasus Century mencuat kembali tentunya Pak SBY selalu dikaitkan. Jadi harus diberikan ruang juga kepada Pak SBY, dan ruang itu ada di KPK,” pintahnya.

Selain Bamsoet dan Misbakhun, ada tiga inisiator Pansus Century lainnya yang turut hadir. Ketiganya adalah Andi Rahmat, LilChodidjah Wahid, dan Maruar Sirait.

(erwin)

Komentar

News Feed