oleh

Solidaritas Perempuan Minta Presiden Jokowi Wujudkan Reforma Agraria Yang Pro Petani

-Nasional-29.908 views

Jakarta, berkeadilan.com – Momentum peringatan hari Tani Nasional dimanfaatkan oleh puluhan aktivis perempuan yang tergabung dalam Solidaritas Perempuan menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Merdeka Jakarta. Senin, (24/09/18).

Dalam aksinya mereka menuntut pemerintah Joko Widodo (Jokowi) segera mewujudkan reformasi agraria yang berpihak kepada masyarakat kecil khususnya petani perempuan.

“Sampai hari ini ketimpangan terhadap petani dan perempuan terus terjadi, perempuan semakin miskin di Indonesia, ini terjadi karena campur tangan Bank Dunia dan korporasi asing lainnya yang berkolaborasi”, kata koorditor aksi Puspa Dewy saat orasi.

Menurut Puspa, undang undang agraria yang sudah berusia puluhan tahun belum bisa diwujudkan pemerintah dan tidak ada tindaklanjutnya. Semua pembangunan sekarang ini mengarah kepada pemilik modal.

Reforma agraria ala Jokowi yang membagikan sertifikat, hanya memberikan sertifikasi dan mempermudah hak individu juga jual beli lahan. Reforma agraria seperti ini bukan merupakan solusi.

“Reforma agraria yang kita inginkan adalah hak milik bersama untuk kesejahteraan rakyat terutama kaum perempuan,” tandasnya.

Sementara itu, perwakilan perempuan dari Kalimantan, Sumatera dan Jawa, menagih janji Jokowi-JK. Kita kata dia, akan terus berjuang menagih janji mereka.

“Kami minta keadilan lahan pertanian Pegunungan Kendeng”, teriak petani perempuan Kendeng

“Reforma agraria yang dicanangkan pemerintah Jokowi-JK adalah palsu, belum menjawab kebutuhan masyarakat terutama petani dan perempuan”, pungkasnya. (Noco)

Komentar

News Feed