oleh

Dinilai Rupiah Terus Melemah, BEM UHAMKA Tagih Janji Nawacita Jokowi.

-Nasional-33.570 views

Jakarta, berkeadilan.com – Nilai tukar rupiah dinilai terus melemah terhadap dolar Amerika Serikat mendapatkan tanggapan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (BEM Uhamka). Menanggapi hal itu, ratusan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam BEM Uhamka melakukan unjuk rasa didepan Istana Negara Jakarta. Selasa, (18/09/18).

Dalam aksinya mereka meminta Pemerintah Joko Widodo secepatnya melunasi, menghapuskan hutang luar negeri yang tidak signifikan demi pembangunan kesejahteraan masyarakat, serta berdampak terhadap ketergantungan ekonomi dan politik Indonesia terhadap negara dan lembaga kapitalis dunia.

“Nilai tukar rupiah mengalami guncangan yang signifikan pada tahun ini. Rupiah terus melemah terhadap dolar Amerika Serikat, tercatat sebagai mata uang dengan kinerja terjelek kedua di Asia”, ujar koordinator aksi Ahmad Zakarsy.

Menurut Ahmad, Bank Indonesia sebagai bank central telah mengintervensi dalam beberapa kesempatan melalui pembelian surat utang dan penjualan valuta asing untuk menjaga rupiah di level aman, namun tren rupiah tetap
menurun.

“Pemerintah Jokowi bersama Bank Indonesia secepatnya mengintervensi dan
mengambil langkah strategis untuk menstabilakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS”, ujar mahasiswa saat orasi.

“Jika Presiden Jokowi tidak sanggup memenuhi tuntutan kami, sebaiknya Jokowi melepaskan jabatanya sebagai Presiden”, pungkasnya. (BM)

Komentar

News Feed