Gempa Kembali Guncang Lombok, PKS : Kita Perlu Muhasabah

Nasional104,095 views
Anggota Komisi V DPR RI, Nurhasan Zaidi, perlu muhasabah

Jakarta – Gempa berkekuatan 7 SR kembali mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (5/8) pukul 18.46 WIB. Gempa ini memberikan dampak luas dan kerugian baik ril maupun materil.

Anggota Komisi V DPR RI, Nurhasan Zaidi angkat bicara. “Sampai subuh tadi tercatat 91 orang meninggal dunia dan ribuan rumah mengalami kerusakan, warga masih di ungsikan ke tempat yang aman.”

Nurhasan juga meminta BNPB  melakukan langkah-langkah  prioritas penanganan bencana. “Saya sudah baca rilis BNPB dan sangat apresiasi kepadanya namun saya kira kita harus lebih gercep, caranya dengan bersinergi dan koordinasi ke posko-posko relawan, karena jumlah korban yang sudah banyak,” ujar anggota komisi yang membidangi bencana alam ini.

Jumlah korban jiwa terbanyak berada di Kabupaten Lombok Utara dengan jumlah mencapai 65 orang. Sementara jumlah kerusakan bangunan masih dilakukan pendataan.

“Saya mengajak masyarakat untuk aktif membantu saudara-saudara kita, khususnya kementerian terkait untuk segera merecovery akses dan fasilitas umum sesegera mungkin, agar logistik bisa mudah untuk dikirim.”

Nurhasan juga menghimbau BMKG agar memberikan peringatan sedini mungkin terhadap kemungkinan bencana susulan.

“Selama bantuan dikirim kita harus tetap siaga akan bencana susulan. Tetapi di luar itu seluruh rakyat Indonesia perlu muhasabah, boleh jadi bencana ini hadir karena perilaku kita yang tidak bersahabat dengan alam,” tutup politisi PKS ini.

(Rmd)

Komentar