oleh

Nilai Import Dan Eksport Meningkat, Australia Buka Konjen Di Jatim

Surabaya- Pemerintah Australia tampaknya tertarik untuk memperkuat hubungan dengan Propinsi Jatim. Buktinya, negara yang dikenal dengan Kanggurunya tersebut membuka konjen di Jatim. Menurut Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, MP mengatakan, keberadaan Konjen Australia di Surabaya ini dimaksudkan untuk memperluas jejaring diplomatik dengan Indonesia yang selama ini sudah baik. Selain Jawa Timur, konjen Australia yang selama ini sudah ada yaitu di Bali dan Sulawesi Selatan.

Menurutnya, dibukanya Konjen Australia di Surabaya, dikarenakan Jatim merupakan provinsi yang dinamis dan bertumbuh terus perekonomiannya di Indonesia. “Kami juga tahu kalau Jatim bekerjasama sister province dengan Australia Barat. Kedua provinsi ini sama-sama menjadi power house perekonomian bagi negeri masibg-masing,” ujarnya di Surabaya, Minggu (5/8)

Sementara itu, Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan dengan dibukanya konjen Australia di Jatim diharapkannantinya neraca perdagangan Jatim-Australia ini akan tercapai keseimbangan ekspor-impornya. Ditambahkan, dalam kurun waktu 2014 s/d Juni 2018, nilai ekspor Jatim ke Australia sebesar US$ 176,92 juta, sedangkan impornya sebesar US$ 369,46 juta.

Sedangkan untuk investasi Australia di Jatim, jelasnya, sejak tahun 1970 sampai dengan semester I tahun 2017 tercatat sebanyak 66 proyek dengan nilai investasi sebesar US$ 894 juta.“Pemprov Jatim menyambut dengan tangan terbuka pengusaha-pengusaha Australia yang ingin kerjasama dan engembangkan usahanya dan kerjasama di Jatim,” ajaknya. (Yudhie)

Komentar

News Feed